Thursday, October 18, 2007

Mau Jadi Perusahaan Sungai Atau Perusahaan Kubangan?

Orang yang berpikiran "dangkal" percaya kepada keberuntungan, yang bijak dan tangguh percaya kepada sebab akibat. Demikian kata Ralph Waldo Emerson seperti yang dikutip oleh Rhenald Kasali dalam peluncuran buku barunya berjudul "River Company: Apa yang Membedakan CNI dengan Perusahaan Kubangan" di Hotel Sari Pan Pacific, Kamis 7 Desember kemarin.

Buku ini bertutur tentang sejarah perjalanan dan filosofi bisnis CNI, sebuah perusahaan pelopor MLM di Indonesia. Nilai-nilai filosofi River Company ini sangat menarik untuk dikaji. Sungai yang mengalir dan memberikan manfaat bagi kehidupan di masyarakat menjadi ilham bagi perusahaan yang genap berusia 20 tahun ini. Rhenald Kasali dari MM UI bahkan terlambat dalam menulis buku ini, karena sudah didahului oleh Peking University yang telah menerbitkan filosofi CNI ini dalam kajian ilmiahnya.

Apa bedanya River Company dengan Puddle Company (Perusahaan Kubangan)? River Company ibarat sungai yang mengalir dan memberikan segala manfaat kepada masyarakat dan lingkungan. Puddle Company adalah perusahaan yang seperti air keruh dalam kubangan, tidak mengalir, tidak memberi manfaat. Perusahaan inilah yang banyak kita lihat melakukan money game, illegal logging, banjir lumpur panas, perilaku tidak terpuji karyawan, perusak lingkungan, skandal saham dan akuntansi, dan bank bodong.

"Berhati-hatilah terhadap mereka yang menjanjikan atau berbicara soal kekayaan melulu, sebab mereka dapat merampas kekayaan yang sudah kita miliki", kata Rhenald mengutip kata-kata Onad L. Sakai. Anda pernah ditawari bisnis atau investasi yang menjanjikan untung 100% sebulan? Inilah ciri-ciri Perusahaan Kubangan.

Apa saja karakter Perusahaan Sungai? Ada 8 karakter disebutkan oleh Rhenald, yaitu:
1. Mata air yang terus mengalir
2. Pembawa perubahan
3. Prinsip ekologis
4. Nilai bersama
5. Adaptif
6. Citra diri kuat
7. Melintas batas
8. Menciptakan Virtuous Circle

Mengenai penjelasan dari masing-masing karakter itu, silakan baca aja deh. Yang jelas buku ini menarik. Apalagi bagi kita-kita yang bisnisnya masih tahap start up, sungguh berharga pembelajaran yang diberikan oleh perusahaan CNI ini.

Salam FUUUNtastic!
Untuk TDA Book Club

Wassalam,
Roni
(http://roniyuzirman.blogspot.com)

No comments: