Thursday, October 18, 2007

Up Your Service!

Kemarin pagi saya berbincang-bincang dengan salah seorang pelanggan Manet (http://manetvision.com). Melihat track record pembeliannya, saya lihat cukup mengesankan.

Iseng-iseng saya tanya bagaimana kesannya terhadap Manet selama ini. Apakah ada kekurangan yang perlu diperbaiki?

Dengan antusias ibu itu bercerita mengenai pengalamannya bermitra dengan Manet. Memang ada kekurangan, misalnya tidak tersedia ukuran untuk orang gemuk dan sebagainya. Tapi secara keseluruhan dia puas dengan pelayanan Manet selama ini.

Tapi, jika dibandingkan dengan pengalamannya berbisnis dengan perusahaan lain, dengan Manet dia jauh lebih puas. O ya? Iya, katanya segala kekurangan di perusahaan lain itu sepertinya ditutupi oleh Manet.

Saya mengangguk-angguk senang mendengar penuturannya. Alhamdulillah, komitmen ini tetap kami jaga sampai sekarang. Kami memang ingin hubungan bisnis dengan para mitra secara setara dan saling menguntungkan. Artinya, benar-benar menguntungkan, bukan manipulasi seperti yang banyak terjadi sekarang ini.

Dengan adanya komitmen pelayanan seperti ini akan menghasilkan pelanggan yang happy. Kebahagiaannya itu juga sekaligus menjadi kebahagiaan kami dan insya Allah bernilai ibadah juga. Jadi, keuntungan itu tidak sekedar materi saja, seperti kata Aa Gym. Bisnis itu harus menghasilkan nilai tambah dari sekedar materi. Saya nggak mau berceramahlah soal ini. Aa Gym adalah rujukan saya.

Konsep NILAI TAMBAH yang sering disampaikan oleh Pak Tung itu benar-benar powerful. Sekarang customer ditawari berbagai macam produk dan jasa. Tentunya mereka akan memilih yang nilai tambahnya paling tinggi baginya. Istilah GOOD, BETTER, BEST tidak cukup lagi sekarang ini. Orang mencari yang EXCELLENT. Sudahkah bisnis saya memberikan yang excellent? Wah, masih jauh tuh. Tapi saya sudah set dalam pikiran saya, bahwa bisnis saya HARUS mengarah ke sana.

Create WOW factor dalam pelayanan anda. Bikin customer anda terkaget-kaget dengan pelayanan yang diberikan.

Ada buku menarik mengenai service ini dari Ron Kaufman, judulnya Up Your Service! (http://upyourservice.com) Ron Kaufman dikenal luas secara internasional berkat tangan dinginnya membuat Singapore Airlines sebagai perusahaan penerbangan yang memberikan service yang tak tertandingi.
(http://roniyuzirman.blogspot.com)

No comments: