Monday, September 3, 2007

Donald Trump: Kalahkan Diri Sendiri

Saya suka baca-baca blognya Donald Trump. Ada tulisan menarik berjudul "Make It Happen in Your Life" (http://donaldtrump.trumpuniversity.com/default.asp?item=220014). Panas juga rasanya abis baca tulisannya.

Rasanya seperti 'terbakar'. Soalnya Trump yang oleh majalah Business Week dijuluki sebagai "Bisnismen paling kompetitif di dunia" ini seperti 'menyindir' saya. Jangan cepat puas, katanya. Kalahkan diri sendiri. Jangan terbuai dengan comfort zone.

Trump sendiri telah membuktikannya. Dia sudah tidak ada lawan lagi di New York. Sebagai developer terbesar di sana, tidak ada yang bisa menandinginya. So, kalau dia terbuai oleh kemenangan ini dan mulai menikmati comfort zone, baginya adalah pertanda bahaya.

Dia kemudian menantang dirinya sendiri untuk melakukan sesuatu yang lebih dahsyat lagi. Dia ingin bikin breakthrough yang lain. Bikin buku, bikin acara TV, bikin universitas dan sebagainya. Dan, sukses juga.

Buatlah keputusan dan laksanakanlah keputusan itu, katanya. Ada cerita klasik mengenai hal ini. Lima ekor burung yang bertengger di dahan memutuskan untuk terbang. Berapa burungkah yang terbang? Tidak ada. Karena mereka baru memutuskan, belum melaksanakannya. Jadi mantranya adalah: TAKE ACTION!

Langkah pertama menurut Trump adalah menemukan apa yang kita sukai. Kemudian lakukanlah itu dengan sepenuh hati. Lakukan 'hanya' yang kita sukai. Kalau tidak, sukses itu akan menjadi hampa, kosong, tidak seimbang.

Jangan jadi penonton dipinggir lapangan. Jadilah pemain. Kalahkanlah lawan-lawanmu. Tapi, terutama kalahkanlah dirimu sendiri. Demikian pesan Trump. Menurut saya, itulah yang terberat.

(http://roniyuzirman.blogspot.com)

No comments: