Monday, September 3, 2007

Kartu Nama Tanpa Kertas

Benda yang satu ini tidak pernah lepas dari orang bisnis. Karena memang inilah jembatan membangun komunitas atau membangun jaringan. Kartu nama tetap belum tergantikan oleh phonebooknya handphone. Karena kartu nama bersifat khas yang juga mencerminkan pribadi pemiliknya. Karena dari situ biasanya oran bisa menilai. Kadang ada kartu nama yang dibuat asal-asalan pokoknya ada nama, tempat usaha, telpon, sudah cukup. Padahal hal tersebut bisa mempengaruhi penilaian orang.

Yang lebih penting lagi sebenarnya bukan hanya itu. Jika Anda mempunyai sesuatu yang spektakuler yang bisa dihubungkan dengan Anda maka itulah kartu nama Anda. Misalnya Pak Purdie dengan Primagamanya, karena Primagama sangat terkenal dan identik dengan Purdie (meskipun sempat dikira milik Rano Karno). Kemanapun Pak Purdie pergi meskipun tanpa kartu nama orang sudah mengerti bahwa beliau pemilik Primagama dan pengusaha sukses.

Siapa yang kenal Pak Aman Jagau sebelum menikah dengan Angel Lelga ? Tidak banyak penduduk Indonesia mengenalnya. Sekarang kalau ditanya siapa Aman Jagau ? Banyak yang akan menjawab beliau pengusaha batu bara. Siapa lagi ? banyak contoh-contoh yang lain, seperti Jaya Suprana dengan Kelirumologi dan MURI, Joger dengan Pabrik Kata-Kata, Bob Sadino dengan celana pendeknya (saya baru tahu kalau perusahaan beliau bernama Kem Chick pokoknya setahu saya beliau ini pengusaha sukses dan nyentrik itu saja...ternyata gaya nyentriknya berhasil melambungkan namanya meskipun banyak yang tidak tahu latar belakang dan usahanya).

TDW dengan Financial Revolution, Robert Kiyosaki dengan Rich Dad Poor Dad. Donald Trump dengan The Apprenticenya, AA Gym dengan Manajemen Qalbu dan (he...he Poligaminya), Ary Ginanjar dengan ESQnya, Puspo Wardoyo dengan Poligami Award dan tidak ketinggalan rekan-rekan kita sendiri disini seperti Cak Bukhin dengan bukunya yang miliarder-miliarder itu. ...pokoknya banyak deh.

Kita memang tidak harus terkenal untuk sukses tapi akan sukses lebih cepat jika terkenal. Bahkan ada pepatah Arab yang mengatakan "Kalau mau terkenal kencingi sumur Zam-Zam". Jadi mulailah bikin yang aneh-aneh atau spektakuler tapi positip ya ??

Semoga bermanfaat.
Salam,
Ardhian/Yoyok
(http://yoyoksd.blogspot.com)

No comments: