Sunday, January 13, 2008

Santai Banyak Ide

Adanya tekanan/ stress dapat membuat orang bergerak dengan sekuat tenaga. Tetapi kadang kala dengan seringnya tekanan mungkin malah membuat kita tidak banyak berpikir dan melupakan banyak hal karena terfokus pada pekerjaan tersebut. Ide- ide baru akan susah muncul dan dapat membuat anda tidak bisa mengendalikan tekanan tersebut (distress).

Hal ini terjadi pada diri saya, sudah bosan dengan pekerjaan sebagai karyawan. Tiap hari kerja pergi pagi, kerja dengan tuntutan, kemudian pulang kerumah dan melakukan aktivitas rumah seperti biasa. Hal ini ternyata membuat saya banyak melewatkan banyak hal.

Saat ini saya sedang memikirkan bisnis yang cukup kecil- kecilan, karena saya punya prinsip bisnis itu tidak perlu gengsi. Sudah seminggu saya memikirkan ide- ide tentang bisnis tersebut. Anehnya tak banyak ide yang masuk, sedangkan saya perlu ide baru sebagai keunggulan bisnis dimana bisnis yang saya ingin coba ini sudah banyak digeluti orang lain (pesaing).

Baru diakhir pekan ini, setelah liburan dan ada waktu untuk mengeluti salah satu hobby saya yaitu bersepedah. Pagi hari saya berolah raga dengan sepedah seperti biasa dan melihat beberapa toko tiba- tiba timbul ide bagaimana untuk menarik konsumen. Dan sore tadi kembali saya bersepedah dengan lebih santai karena tidak ada tuntunan berolah raga hanya ingin berkeliling saja.

Luar biasanya ternyata selama ini jalanan yang biasa saya lewati untuk berkerja, ternyata ada beberapa bisnis yang sejenis. Saya baru sadar bahwa contoh bisnis yang saya ingin lakukan tidaklah jauh. Bahkan dengan santainya saya tinggal menghentikan sepedah saya dengan kesan sedang melepas lelah. Kemudian saya amati bagaimana bisnis mereka berjalan dengan singkat. Dari beberapa tempat usaha sejenis yang dilewati, saya banyak mengambil ide baru. Bahkan dapat ide kreatif bagaimana meningkatkan efisiensi oprasional dari bisnis tersebut.

Tiap hari saya pergi dan pulang kerja melewati jalan tersebut dengan mengendari sepedah motor, karena saya fokus pada jalanan dan pekerjaan maka semuanya terlewatkan. Tetapi setelah memiliki waktu dan dengan santai kita dapat memperhatikan sesuatu dan mengembangkan ide- ide kita.

Jadi tips dari saya, jika anda ingin mengembangkan diri anda atau mendapatkan ide untuk bisnis anda. Luwangkan waktu anda dan gunakan dengan santai, maka ide- ide akan datang dengan sendirinya.
Tetapi ingat juga jangan terlalu santai dan lupa untuk memulai, karena perjalanan yang jaraknya 100 meter, 1 kilometer ataupun 10 kilometer tidak akan tercapai kalau anda tidak melakukan langkah kaki pertama.

^^sourceid

No comments: