Tuesday, August 7, 2007

3 Hal Yang Membuat Orang Mau Membeli Produk/ Jasa Anda

Apakah saat ini Anda sedang menjalankan suatu usaha? Atau mungkin baru sedang ingin mencoba membuka usaha?
Pertanyaan yang sering tentunya adalah pertanyaan seputar bagaimana agar usaha kita bisa lancar, ramai dan menguntungkan ?

Nah tentunya ada cara agar usaha kita bisa jalan dan menghasilkan profit. Namun ada satu hal dasar yang harus kita ketahui mengenai apa yang membuat seseorang mau mengeluarkan uangnya untuk membeli produk/jasa dari kita.

Dari pengamatan dan pengalaman selama ini, ada 3 hal yang membuat orang mau mengeluarkan uangnya untuk membeli produk/jasa kita, tetapi kalau Anda tahu ada yang ke-4 boleh juga dibagikan disini :)

Ke-3 hal tsb yaitu :
1. Karena Butuh
Salah satu alasan orang membeli produk/jasa dari kita, karena memang dia butuh. Butuh apa? Ya bisa macam2, mungkin karena butuh makan, butuh minum, butuh pakaian, butuh transportasi, butuh penerangan, butuh sembuh, butuh segar, dan butuh2 lainnya.
Kalau sudah butuh, ya mau tidak mau, dia harus beli produk/jasa tsb.

Termasuk juga, butuh duit. Maksudnya? Ya kalau anda memiliki produk atau jasa yang dia perlukan juga untuk usahanya, misalnya ada punya sparepart yang dia butuh, atau Anda punya produk yang dia perlukan, atau juga Anda punya informasi atau pengetahuan yang dia butuhkan, tentunya dia akan mengeluarkan uangnya untuk membeli produk/jasa Anda.

2. Karena Kepengen
Nah kalo yang ini juga tentunya juga pasti Anda tahu juga. Alasan lain orang mau mengeluarkan uangnya untuk membeli barang/jasa dari kita, ya karena dia kepengen.

Kepengen apa? Macam2 juga, pengen gaya, pengen ngetop, pengen dilihat, pengen diomongin, pengen hiburan, pengen santai, pengen dihargai, dsbnya.
Bahkan gara2 "rasa kepengen" ini, orang bisa mengeluarkan uangnya diluar batas rasional. Sekalipun produk/jasa tsb tidak dibutuhkan, tapi kalau dasarnya uda kepengen, ya dibeli aja.

3. Karena Anda
Yang ke-3, yang sering kali orang tidak sadar, yaitu bahwa orang membeli produk/jasa dari Anda semata2 karena Anda.
Bisa jadi orang tsb tidak butuh dan juga tidak kepengen produk/jasa yang Anda jual/tawarkan, tetapi karena Anda, dia mau mengeluarkan uangnya dan membeli dari Anda.

Saya rasa, hal yang ke-3 ini sangatlah amat penting apalagi kalau usaha Anda melibatkan interaksi antara Anda dengan customer.
Banyak orang mau membeli dari kita, karena kita , dan bukan karena produk/jasanya, apalagi pada saat ini persaingan begitu ketat dan begitu banyak orang lain yang menjual produk/jasa yang sama dengan kita.

Mereka membeli dari kita, karena mereka percaya pada kita, atau karena mereka simpati pada kita, atau karena penampilan Anda, karena tutur kata Anda, karena kesabaran Anda, karena pelayanan Anda, pokoknya karena Anda.

Tapi bisa juga mereka membeli, karena mereka benci pada Anda, haha.. karena mereka mau cepat2 berhenti berinteraksi dengan Anda, haha...mudah2an jangan gara2 yang ini ya.

Jadi kalau kita sudah tahu betapa pentingnya diri kita di mata calon customer kita, berarti kita juga harus bisa menjual diri kita, dengan meningkatkan kualitas diri kita.

(http://frankytanz.blogspot.com)

No comments: