Tuesday, August 7, 2007

Asset Vs Liabilitas

Salam, Mungkin banyak dari anda yang telah mengerti akan perbedaan asset dan liabilitas, artikel ini dibuat untuk sekedar mengingatkan untuk anda yang sudah mengerti dan juga memberikan pencerahan kepada anda yang belum mengerti akan perbedaan Asset dan Liabilitas.

Apa itu Asset ?
Jawabannya sangat sederhana, Asset adalah segala sesuatu yang memberikan Income kepada sang pemilik asset ( ntah itu perusahaan atau personal ).

Apa itu Liabilitas ?
Mudah saja, segala sesuatu yang tidak memberikan Income (bahkan memberikan kerugian ) kepada sang pemilik liabilitas ( ntah itu perusahaan atau personal )


Pengelompokan Asset dan Liabilitas memang cenderung lebih kedalam level korporasi, tetapi bila anda berhasil memasukkan pengelompokan Asset dan Liabilitas ke dalam kehidupan personal anda, tentunya akan menghasilkan perubahan yang Luar Biasa!


Mengenal Asset Lebih Jauh.

Sekarang mari kita berbicara dalam kehidupan personal,karena dalam kehidupan personal banyak orang yang miss-understanding tentang asset dan liabilitas, atau hanya mengenal itu asset dan sama sekali tidak ada libilitas.

Rumah, Mobil, Motor, dll yang kita mengira dalam kehidupan kita merupakan Asset bagi kita, ternyata merupakan Liabilitas yang sangat mencekik kita dalam kehidupan finansial kita.

Saya mempunyai seorang teman setelah dia mengerti tentang perbedaan liabilitas dan asset, dia mencoba merubah segala sesuatu yang menjadi liabilitas menuju kedalam Asset.

sebagai contoh : dia mempunyai sebuah mobil yang kini disewakan kepada khalayak umum, memang bila anda pikirkan, mobil yang dipakai teman saya ini merupakan asset untuk dia agar dia bisa pergi ke kantor dan mendapatkan sebuah gaji yang dia dapatkan tiap bulannya, tetapi saat mobil itu tidak dipakai ? bukankah lebih baik bila mobil itu tetap menghasilkan pemasukkan untuk anda ?.

Selain itu ada juga beberapa teman saya yang melakukan perubahan liabilitas dalam skala besar, contoh : ada teman saya yang menjadikan Rumah sebagai tempat tinggal dia menjadi asset buat dia, bagaimana ? dia menggadaikan rumah yang dia miliki, dan dia membuka usaha dengan uang yang dia dapati dari penggadaian rumah tersebut :).

Bila anda belum berani mengubah secara besar seperti dua contoh diatas, mungkin anda bisa memulainya dari hal yang terkecil, misalkan anda memiliki akses internet, dengan akses tersebut anda bisa menjual sebuah produk atau jasa kepada khalayak umum, atau seperti calon istri saya ? yang menyewakan seluruh perangkat dapurnya kepada yang ingin menyewanya ?

Oh iya, sebelum saya tutup artikel ini, Sebelumnya saya beritahukan kepada anda , Income atau Pemasukkan tidak selalu berkaitan dengan "Uang" , tetapi bisa dalam banyak hal seperti "Semangat" , "Daya Juang" , segala sesuatu yang positif dalam mengembangkan diri anda, itu adalah Income untuk anda :) .. Jadi mana yang anda pilih ? Asset atau liabilitas ?

Sahabat Anda,

Reynaldo
Founder Idcashflow

No comments: