Friday, August 3, 2007

Kesalahan Umum Saat Memulai Usaha

Menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur handal sama sekali bukan hal yang gampang. Dibutuhkan kesungguhan, ketangguhan, keuletan, mental yang kuat serta strategi yang tepat. Tanpa hal ini banyak pengusaha yang mengalami kegagalan di tengah jalan. Akibatnya modal yang sudah dikeluarkan akan sia-sia belaka. Bukan untung yang didapat malah kerugian yang diderita.
Umumnya kegagalan yang dialami oleh pengusaha disebabkan sejumlah kesalahan yang dilakukannya. Biasanya hal ini terjadi karena minimnya pengetahuan dan pengalaman di dunia usaha. Nah Anda yang berencana memasuki dunia usaha, ada baiknya Anda simak sejumlah kesalahan dalam berbisnis di bawah ini:

- Hanya menggunakan satu gagasan dalam jangka waktu panjang
Padahal seorang pengusaha dituntut kreatif memadukan ide-ide baru untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Ide tanpa realisasi sama aja boong! Jika Anda telah menemukan ide dan formula yang tepat cobalah untuk mewujudkannya.

- Menjalani pola kerja kantoran yang tetap
Seorang pengusaha bukanlah pekerja kantoran. Anda bukan hanya bekerja selama 8 atau 9 jam, sejak Hari Senin sampai Jumat. Kapanpun dibutuhkan Anda harus selalu siap untuk menerobos celah bisnis yang ada. Bahkan tak jarang, seorang pengusaha memanfaatkan hari libur untuk memperluas jaringan bisnis.

- Mempercayai pendapat sendiri tanpa mempedulikan pendapat orang lain
Memang, seorang pengusaha harus punya rasa pede dan optimis tapi bukan berarti nggak mempedulikan saran dan pendapat orang lain. Anda dituntut untuk pandai memilah dan menyaring mana pendapat yang tepat dan mana yang tidak.

- Kurang cermat dalam masalah keuangan
Uang memang merupakan benda yang amat penting dan sangat berharga, apalagi bagi pebisnis seperti Anda. Maka kelolalah keuangan Anda dengan benar. Telitilah setiap pengeluaran dan pemasukan dengan cermat. Dan ingat, jangan mencampuradukkan keuangan pribadi dan bisnis. Hal ini akan menyebabkan keuangan Anda berantakan.

- Mempekerjakan orang yang salah
Orang-orang yang tidak punya semangat, tidak bertanggung jawab dan ingin cepat meraup untung bukanlah orang yang tepat untuk bekerjasama. So, carilah orang-orang yang tangguh dalam berbisnis, yang mau memulai bisnis dengan semangat dan motivasi tinggi.

- Tidak tegas terhadap staf dan bawahan
Dalam berbisnis pasti Anda membutuhkan beberapa orang untuk memuluskan jalannya bisnis anda. Sekalipun anda bekerjasama dengan keluarga, Anda harus memperlakukan mereka dengan tegas. Buat batasan yang jelas antara urusan pribadi, keluarga, dan bisnis.

- Tidak mempelajari selera pasar
Jika ingin sukses menjual, Anda harus mengetahui selera pasar. Lakukan survei, apa yang dibutuhkan oleh pasar. Lebih baik lagi jika Anda membidik pangsa pasar tertentu.

- Gampang menyerah dan putus asa
Tak dapat dipungkuri, kesuksesan kadang berawal dari kegagalan. Beberapa pengusaha sukses pasti pernah mengalami kegagalan sebelum melakukan sesuatu dengan sempurna. Jadi, saat Anda gagal, pelajari kegagalan tersebut kemudian coba lagi dengan hati-hati.

Jangan pernah menyerah!
Dengan mengetahui sejumlah kesalahan tersebut, paling tidak Anda bisa prepare agar tidak sampai terjadi kegagalan dalam bisnis. Jangan lupa untuk terus berusaha. Selamat memasuki dunia bisnis…!

Dikutip Dari M-web

No comments: