Friday, August 3, 2007

Franchise / Waralaba

Waralaba adalah sebuah bentuk jaringan bisnis, jaringan yang terdiri dari banyak pengusaha yang bekerja sama dengan sistem yang sama. Awalnya sebuah bisnis terwaralaba yang baru berdiri memiliki nilai yang tidak terlalu tinggi hingga ia memiliki semakin banyak jaringan waralaba di berbagai tempat. Karenanya, dalam bisnis waralaba kata ' jaringan ' menempati kedudukan yang sangat penting.

Hal ini terlihat dari perkembangan luar biasa bisnis - bisnis yang memakai jaringan waralaba sebagai dasar operasionalnya. Restoran fast food MC.Donald's misalnya, dalam perkembangan bisnisnya mereka mengantongi hampir US$44 miliar sebagai itangible asset dari mereknya yang diwaralabakan. Padahal aset riilnya cuma US$12 miliar.

Sedangkan contoh waralaba lokal adalah Restoran Ayam Bakar Wong Solo milik Bapak Puspo Wardoyo. Restoran ini menawarkan sistem pengelolaanya kepada siapapun yang mau. Sang pemilik tinggal mengutip fee, baik dari initial, royalti, management ataupun technical. Inilah waralaba. Inilah bisnis yang memanfaatkan kekuatanjaringan. Waralaba lokal lainnya yang cukup sukses di pasar adalah Es Teler 77, California Fried Chicken, Country Donuts, Izzy Pizza dan lain lain.

Bahkan, disaat ini banyak sekali bisnis waralaba yang langsung mendapat respon publik dan cepat sekali ngetop seperti Starbuck Coffee dan BreadTalk milik Pengusaha mudak Bapak Jhony Andrean ( yang sampai sekarang masih terkenal dengan Usaha Salon nya ).

Sekali lagi, sebelum menjadi sebuah jaringan bisnis atau ketika hanya ada di satu tempat, bisnis - bisnis tersebut tidak terlalu istimewa. Misalnya, restoran Mc Donald's dulu pada awalnya cuma ada satu, letaknya di San Bernardino, California. Kebanyakan orang yang makan disana menyukai MC Donald's karena harga french fries nya yang murah. Tentu saja sebelum diperkenalkan dalam sistem waralaba, hanya masyarakat setempat saja yang bisa menikmantinya. karena memang hanya ada di satu tempat saja.

Melalui sistem waralaba, akhirnya Mc Donald's bisa memasok burger maupun french fries nya ke seluruh kota besar di dunia. Pada tahun 1997, ada sekitar 21.000 buah restoran Mc Donald's di 101 negara di dunia. Dan perlu dicatat, bahwa setiap hari dua buah restoran Mc Donald's yang baru dibuka di berbagai belahan dunia.

Pemilik jaringan bisnis waralaba memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan orang kuat dan ulet yang membuka bisnisnya sendiri. kalau sebuah jaringan bisnis waralaba berdiri disamping sebuah gerai bisnis independen dengan core bisnis yang sama , milik orang kuat dan ulet, maka kemungkinan nya adalah orang kuat dan ulet tersebut akan segera menutup gerainya.

Bisnis berbasis jaringan waralaba boleh dikatakan merupakan kisah keberhasilan bisnis yang paling spektakuler di abad 21 ini.


Tertarik ber - waralaba ?
(mlmindonesia.com)

No comments: