Tuesday, August 21, 2007

Masa Depan Bisnis Internet

Mungkin anda adalah seorang yang pernah berpikir, kira-kira seperti apa masa depan bisnis internet. Apakah bisnis internet hanya trend sesaat dan kemudian hilang satu persatu? Saya ingin menjawabnya dengan: bisnis internet adalah masa depan bisnis indonesia dan bahkan dunia.

Anda tentu masih ingat ketika dulu komputer masih merupakan barang mewah dan langka dan mahal. Waktu itu komputer masih cenderung hanya untuk kebutuhan kantor. Sedangkan yang memiliki komputer dirumah bisa dihitung dengan jari saja. Namun coba anda lihat sekarang ini, komputer pribadi begitu mudah kita jumpai dirumah-rumah, terutama didaerah perkotaan. Bahkan memiliki laptop sekalipun, bukan lagi merupakan hal yang wah..

Demikian juga halnya dengan telepon genggam atau ponsel. Dulu orang yang bisa memiliki ponsel masih langka. Namun dalam waktu singkat ponsel sudah merupakan barang biasa. Pertanyaan yang muncul bukan lagi “anda punya ponsel atau tidak” melainkan “berapa nomor ponsel anda”.

MEMASUKI ERA INTERNET

Saat ini barang teknologi yang masih cenderung merupakan barang langka adalah akses internet. Kebanyakan orang Indonesia masih mengakses internet melalui warnet. Namun… perkembangannya sudah mulai terlihat. internet sudah bisa diakses dari rumah denga menggunakan jasa provider internet dan bahkan internet bisa diakses hanya dengan sebuah komputer dan sebuah ponsel yang memiliki fasilitas modem. Lebih canggihnya lagi, internet sudah bisa dinikmati hanya melalui sebuah PDA atau atau smartphone, walaupun masih dengan kemampuan belum sesempurna komputer PC ataupun laptop.

Dan suatu saat nanti, saya yakin internet akan memiliki cerita seperti komputer, ponsel, dan Televisi. Dalam waktu kurang dari 10 tahun lagi, saya yakin di rumah-rumah perkotaan kita akan mudah menjumpai komputer yang sudah memiliki akses internet.

Artinya dengan perkembangan internet, maka gaya hidup manusia juga akan berubah. Gaya berbelanja dan gaya berbisnis akan berubah. Orang akan terbiasa berbelanja melalui internet, baca berita melalui internet, dan bahkan menjalankan bisnis melalui internet.

Banyak pakar ekonomi berkata bahwa pada suatu waktu nanti, semua orang perlu memikirkan untuk memulai bisnis untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Ini karena, kebutuhan hidup semakin meningkat, harga barang semakin naik dan yang penting sekali, gaya hidup (lifestyle) turut meningkat.

Satu hari nanti, kita akan sangat sulit untuk hidup dengan hanya “makan gaji”. Bisnis secara sambilan sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan keuangan.

Jika saat ini anda belum memiliki bisnis internet, fikirkan keadaan ini. Mulailah merancang untuk memulai bisnis internet anda.

Kalau dulu TV hitam putih sudah merupakan barang mewah, namun kini TV berwarna sudah merupakan barang biasa. Kalau sekarang buka usaha dengan membuka toko ditempat strategis merupakan usaha yang sangat menguntungkan, maka suatu waktu nanti, ia akan bernasib seperti TV hitam putih. Karena orang sudah biasa belanja melalui internet.

Mulailah belajar bisnis internet dan mulailah membuka bisnis internet anda sendiri. Jika anda memulai dari sekarang, maka tindakan anda sudah sangat tepat. Anda tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis online anda.

Jangan sampai ketika orang banyak sudah memiliki TV berwarna, anda harus puas dengan TV hitam putih saja. Antara kaedahnya adalah usaha melalui internet adalah memeberi kebebasan
memulai bisnis dari rumah dengan modal yang kecil dan peluang mendapatkan pelanggan seluruh dunia.

Mick Donald
(www.mickdonald.com)

No comments: