Tuesday, August 21, 2007

Bagaimana Memulai Bisnis Internet

Ketika pertama kali memulai bisnis internet, saya masih bingung apa yang harus saya lakukan. Padahal bisnis di internet hampir sama dengan bisnis di dunia nyata. Anda harus memiliki produk untuk dijual. Ya, anda harus mempunyai produk untuk dijual, apapun itu.

Hal lain yang perlu anda miliki adalah mengerti tentang internet seperti cara mengakses internet, menulis email, dan kemampuan dasar internet lainnya. Selain itu, anda juga perlu mengerti bahasa Inggris, minimal pasif.

Kenapa harus internet?

Pada saat ini pengguna internet semakin bertambah banyak setiap harinya. Berbagai kemudahan bisa anda dapatkan melalui internet mulai dari hiburan, berita, bahkan sampai urusan perbankan. Internet adalah dunia kedua dimana anda bisa mendapatkan informasi dengan sangat cepat tanpa harus beranjak dari tempat duduk anda yang nyaman.

Anda bisa berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh dunia tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Inilah potensi anda untuk meraih penghasilan lebih dari internet, karena pasar anda tidak hanya dari dalam negeri, tapi seluruh dunia.

“Oke, lalu produk apa yang harus saya jual?”

Coba anda buka situs lelang terbesar di dunia www.ebay.com dan di sana anda akan menemukan berbagai produk mulai dari yang biasa-biasa sampai yang luar biasa. Jika anda ingin mencari barang-barang yang unik dan langka, anda bisa mengunjungi situs tersebut.

Apakah perlu menciptakan produk sendiri? Apabila anda punya cukup waktu, kenapa tidak? Tapi memulai sesuatu dari awal pasti merepotkan. Sekarang banyak site yang menawarkan produk pilihan berserta sales pagenya dan resell-rights. Artinya anda bisa langsung memasarkan produk tersebut dengan menggunakan sales page yang sudah dibuatkan. Bahkan, Anda bukan hanya diberikan ebook dan software untuk dijual, tetapi anda juga mendapatkan source code nya.

Saya sangat menganjurkan anda menjual produk digital seperti ebook, software, dan produk informasi lainnya. Mengapa anda harus menjual produk digital di internet?

Anda tidak perlu investasi besar. Apakah modal anda untuk membeli domain dan hosting besar? Saya pikir tidak sebesar bisnis konvensional. Tidak perlu persediaan. Karena tidak berbentuk barang nyata, anda tidak perlu gudang untuk persediaan.

Profit anda bisa 100%. Anda tidak perlu membayar gaji, sewa kantor, dan sebagainya. Semua keuntungan masuk kantong anda. Bisnis anda berjalan otomatis. Semua proses mulai dari promosi, pemesanan, dan pengiriman produk bisa dilakukan otomatis, sehingga anda tidak perlu repot lagi.

Anda tidak perlu bekerja keras setiap hari. Biarkan orang lain bekerja mempromosikan produk anda melalui program affiliasi dan uang akan terus mengalir ke rekening anda.
Beberapa point di atas hanya sebagian alasan mengapa anda harus menjual produk informasi. Masih banyak alasan lainnya. Pada artikel berikutnya, saya akan memaparkan beberapa produk digital yang laris di internet. Selamat berbisnis!
(http://bisnistop.com)

No comments: