Tuesday, August 7, 2007

8 Profil & Jalur Kekayaan (Wealth Profiles)

Saya belajar tentang "CashFlow" dari Robert Kiyosaki. Saya banyak belajar mengenai "How to" dari Billi Lim & Anthony Robbins. Saya belajar mengenai "Sistem" dari E-Myth , buku wajibnya small business yg ditulis oleh Michael Gerber. Saya juga banyak belajar tentang "Praktek Bisnis" dari Brad Sugars. Belajar dan belajar, cuman belajar mulu, prakteknya kapan? begitulah kadang2 sindiran orang atau bahkan teman dekat kita. Entah maksud mereka justru untuk memberi semangat atau malah menjatuhkan :)

Tapi saya sendiri pernah mengalami, sudah banyak belajar, tetapi tetap saja untuk memulainya sulit sekali, masih banyak kebingungan, rasa takut, takut gagal, takut salah dsbnya. Nah sampai akhirnya saya bertemu dengan Roger Hamilton, disitu kemudian saya menemukan "KEJELASAN" mengenai bisnis saya. Kadang2 kalau belum menemukan "KEJELASAN" rasanya tidak heran kalau timbul kekuatiran dan ketakutan kalau kita akan banyak mengalami trial& error saat berbisnis, tabrak sana, tubruk sini, dsbnya.

Roger Hamilton di Indo mungkin tidak atau belum sepopuler Robert Kiyosaki, tetapi pembahasannya mengenai profil/jalur kekayaan, sangat membuka mata saya. Secara singkat saja, saya mengutip apa yang saya pelajari dari Roger Hamilton. Beliau mengatakan bahwa jalur kekayaan setiap orang berbeda2 dan setiap orang perlu tahu jalur kekayaan mana yang tepat atau sesuai dengan diri masing2, dan setelah itu barulah mencontoh atau meneladani orang2 yang sudah lebih dulu sukses di jalur itu untuk mempercepat kesuksesan kita.

Selain itu pentingnya mengetahui jalur/profil kekayaan adalah agar kita tidak terjebak pada jalur/profil yang salah, atau salah masuk pada jalur/profil kekayaan yang tidak sesuai dengan kita. Hasilnya ? Bisa fatal sekali, dapat menyebabkan kebrangkutan atau kerugian besar.

Secara ringkas, 8 Profil Kekayaan yg dimaksud adalah :
1. The Creator
Kaya dari menciptakan produk, misal : Walt Disney, Bill Gates

2. The Star
Kaya dari menjual diri , misal : Tom Cruise, Michael Jordan, Oprah

3. The Supporter
Kaya dari leadership , misal : Jack Welch(GE), Steve Balmer(Microsoft)

4. The Deal Maker
Kaya dari deal , misal : Donald Trump, Li Ka Shing

5. The Trader
Kaya dari trading , misal : George Soros

6. The Accumulator
Kaya dari pengakumulasian usaha / saham, misal : Warren Buffet

7. The Lord
Kaya dari Cashflow, misal : Raja minyak John Rockefeller & Paul Getty

8. The Mechanic
Kaya dari Sistem, misal : Sam Walton (Walmart), Ray Kroc (Mc Donald)

Nah kini tentunya Anda pun bisa melihat lebih jelas, bahwa jalan menuju kekayaan dapat ditempuh melalui 8 jalur ini, pertanyaan tinggal jalur/profil mana yang sesuai dengan diri Anda??

Mengapa profil kekayaan ini penting? Ada 2 alasan, yaitu agar Anda dapat dengan mudah memfokuskan dan mempelajari cara pencapaian sukses dari orang yang sudah lebih dulu sukses di jalur/profil yang sama dengan Anda. Misal bila Anda adalah The Star, Anda tinggal mempelajari orang2 sukses yang juga adalah The Star, apa yang mereka kerjakan, bagaimana cara mereka mengembangkan diri mereka, bagaimana mereka menerapkan leverage , dll.

Alasan ke dua, karena dengan mengenali profil Anda, Anda jadi lebih tahu apa kekuatan dan kelemahan Anda, sehingga Anda membutuhkan rekan lain dari profil yang berbeda untuk mengisi kelemahan Anda dan menjadi kuat. Misalnya Anda adalah The Creator, Anda selalu punyaide2 yang cemerlang dan dapat menciptakan sesuatu produk/hal yang baru, namun Anda mengalami kesulitan untuk merubahnya menjadi uang.Nah disini Anda mungkin memerlukan bantuan dari Supporter atau Mechanic untuk memasarkan jasa/produk Anda.

Terus terang saya sendiri juga belum pernah menjalankan test dari Roger Hamilton untuk mengetahui mana profil yang sesuai dengan saya, saya akan senang sekali kalau misalnya ada tim dari Roger Hamilton Indonesia yang mengetahui akan hal ini, and siapa tahu mereka mau memfasilitasi kita semua untuk ikut test apalagi dengan Free, haha...saya yakin pasti disini semua juga pengen ikutan ya.

Tetapi seiring dengan waktu, melalui analisa2 pribadi, perenungan, pengalaman, rasa2nya saya tau apa profil saya, dan saat ini saya sedang mengikuti apa yg dilakukan oleh orang2 yang punya profil sama dan sudah lebih dulu sukses.

Mudah2an saya pun bisa mempercepat kesuksesan saya, dan tentunya saya pun berharap demikian halnya dengan Anda.

MMC = Money..Money..Come ! :)
(www.frankytanz.blogspot.com)

No comments: