Tuesday, August 21, 2007

Di Mana Posisi Anda Saat Ini?

Saya masih excited dengan bukunya Adam Khoo berjudul Secrets of Self-Made Millionaire ini. Buku ini sekarang menjadi rujukan saya setelah buku-bukunya Robert Kiyosaki. Adam Khoo bisa menjelaskan konsep mencapai kekayaan secara sederhana dan mudah dimengerti. Buku ini menjadi semacam petunjuk jalan (road map) bagi yang ingin mewujudkan impiannya menjadi miliarder.

Sebelum menuju ke sana, kita harus tahu dulu posisi kita saat ini. Ada di posisi mana kita saat ini? Ada 4 level finansial yang harus kita lewati menurut Adam Khoo:

Level 1: Financial Stability
Ini adalah level paling bawah dan level ini harus kita lalui. Level ini dicapai bila kita (1) memiliki aset likuid untuk memenuhi kebutuhan hidup minimum selama 6 bulan ke depan, (2) kita sudah memiliki alat proteksi untuk diri sendiri dan keluarga dalam bentuk asuransi. Setelah level ini dicapai, kita harus meningkat ke...

Level 2: Financial Security
Level ini dicapai setelah kita memiliki PASSIVE INCOME yang menghasilkan CASHFLOW YANG POSITIF untuk meng-cover KEBUTUHAN PALING MENDASAR kita (cicilan rumah, cicilan kendaraan, biaya sekolah, makan, transportasi, asuransi) . Pada level ini, kita bisa berhenti bekerja karena sudah ada cashflow positif yang menjamin kebutuhan mendasar itu. Selanjutnya...

Level 3: Financial Freedom
Level ini adalah di mana kita sudah memiliki PASSIVE INCOME yang menghasilkan CASHFLOW POSITIF untuk mempertahankan GAYA HIDUP KITA SAAT INI. Jadi, kita bisa berhenti bekerja tanpa harus menurunkan standar gaya hidup saat ini. Meskipun bisa berhenti bekerja, orang yang sudah mencapai level ini biasanya tetap bekerja, tapi bukan untuk mendapatkan penghasilan semata, melainkan karena itu adalah minat atau passionnya. Selanjutnya level tertinggi adalah...

Level 4: Financial Abundance
Posisi ini dicapai juga melalui PASSIVE INCOME yang menghasilkan CASHFLOW POSITIF untuk mencapai GAYA HIDUP YANG DIINGINKAN. Nah, inilah gaya hidup orang kaya. Bisa beli mobil Mercy, jalan-jalan pakai kapal pesiar, punya rumah di Pondok Indah dan sebagainya. Gaya hidup ini sebenarnya subyektif sifatnya. Tergantung orangnya. Intinya, dia bisa mendapatkannya kalau dia mau.

Di level mana kita saat ini? Itu yang penting. Kalau sudah tahu, barulah kita memulai perjalanan menuju level selanjutnya. Adam Khoo juga memberikan petunjuk praktis cara menghitung dan menentukan posisi kita saat ini. Dia juga memberikan strategi dan langkah-langkah praktis untuk mencapai level-level berikutnya dalam buku ini.

Oke, sampai di situ dulu sharing saya. Saya juga baru baca setengahnya. Tapi nggak sabar ingin sharing isinya. Ini adalah salah satu buku terbaik yang saya baca tahun ini. Jarang ada buku yang selalu saya pegang dan bawa ke mana-mana seperti buku ini. Buku ini juga bukan buku teori aja. Aplikasi praktisnya juga diberikan. Jadi, buat yang ingin langsung take action tinggal ikutin aja langkah-langkahnya. Bukunya Adam Khoo memang "gue banget!"
(http://roniyuzirman.blogspot.com)